Kamis, 02 Mei 2013

Cara pemesanan dan Tiket teater JKT48

panduan ini tidak  kaku. artinya selama proses, mungkin saja ada hal-hal yang berbeda terjadi.
saya cuma berbagi pengalaman.


1. lihat jadwal
untuk menonton teater jkt48, yang harus dilakukan pertama adalah melihat jadwal pertunjukan yang dikeluarkan ofisial jkt48.
lebih baik jika sering memantau page atau time line ofisial jkt48, karena terkadang ada perubahan jadwal.

2. apply tiket online
mulai show untuk tanggal 22 februari 2013, diberlakukan sistem pemesanan tiket baru, yaitu online. di mana pemesan tidak lagi mengirim email untuk memesan.
pemesan harus terdaftar di website jkt48. register lah terlebih dahulu jika belum terdaftar. tidak usah khawatir dipungut biaya. karena pendaftaran gratis, kecuali hendak menjadi Official Fans Club (OFC). 1 akun (membership) hanya berlaku untuk 1 orang.
kemudian login agar dapat melakukan proses pemesanan online. lihat jadwal dan pilih show mana yang hendak ditonton (hari, tanggal, show siang/malam). sesuaikan dengan status pemesan: far (untuk pemesan dari luar Jabodetabek), OFC (untuk anggota fansclub), dan general (untuk umum).
perhatikan juga jadwal apply tiket.
untuk jadwal bisa dilihat di website oficial JKT48: Jadwal Teater
telitilah sebelum memesan karena sistem ini masih belum diberi sistem konfirmasi pemesanan dan pembatalan. jika pemesan membatalkan pesanan, pemesan tidak dapat memesan lagi untuk show yang telah dibatalkan tadi.
1 calon penonton dapat apply untuk beberapa show yang berbeda. tetapi hanya untuk calon penonton tersebut, tidak dapat mewakili orang lain.

untuk fans yang berada di luar Indonesia, sekarang ada tiket SUPERFAR. dengan tiket superfar ini, calon penonton dapat memesan tiket lebih awal, lebih tepatnya sebulan sebulan rencana ke Indonesia. istimewanya lagi, tiket superfar ini bisa untuk memesan secara kelompok. dan untuk menghindari double booking, dianjurkan ada 1 orang yang menjadi perwakilan. dan tentu saja, tidak ada jaminan pasti akan memenangkan tiket hahaha.. pemenang tiket superfar akan diumumkan 1 minggu sebelum pertunjukkan. untuk lebih jelasnya silakan kunjungi official website untuk tiket superfar. saya belum pernah mencoba sistem baru ini, jadi tidak bisa menjelaskan pengalaman atau memberikan saran ^^


3. melihat status pesanan
lamaran tiket selanjutnya akan diproses (diundi). status menang/tidak menang akan ditampilkan di halaman mebership. seharusnya sudah diproses 1 hari setelah closing date.


4. cek email konfirmasi
jika memenangkan tiket, email konfirmasi akan dikirim ke email calon penonton ke alamat email pada saat pendaftaran. email konfirmasi ini digunakan sebagai bukti ketika membeli tiket.
print lah email balasan ini untuk diserahkan pada waktu membeli tiket. jika memiliki smartphone, bisa menunjukkan email dengan ponsel cerdas saja.
jika di halaman web disebutkan bahwa tidak memenangkan tiket, tidak perlu menunggu email, karena tidak ada email konfirmasi yang akan dikirim.

jangan membagi email verfikasi dan id anda kepada orang lain. kasus terbaru adalah pengambilan tiket oleh orang yang bukan haknya. modusnya adalah dengan menunjukkan email dan id card milik calon penonton lain. sehingga calon penonton yang sebenarnya tidak bisa mengambil tiketnya karena sudah diambil si calon penonton siluman.

5. mengambil tiket
setelah mendapat email balasan dari ofisial bahwa calon penonton telah memenangkan tiket teater, calon penonton dapat mengambil tiket.
pengambilan tiket dilakukan di loket tiket teater jkt 48 pada waktu yang telah dicantumkan di email.
akan lebih baik jika datang lebih awal.
syarat pengambilan tiket pada umumnya:
- hasil cetak/print email balasan (lebih disarankan bawa hasil cetak email)
- ID card : KTP, kartu mahasiswa, kartu pelajar
- biaya teater
- untuk calon penonton di bawah umur, sebaiknya menunjukkan ID (fotokopi) orang tua

jika calon penonton memenangkan tiket tetapi tidak mengambil tiket, akan diberi sanksi. artinya kelak ketika apply untuk teater lagi, tidak diprioritaskan. namun bukan berarti tidak akan bisa mendapat email lagi.
setelah membeli tiket, calon penonton dapat beristirahat atau melakukan kegiatan lain sambil menunggu proses selanjutnya. bertanyalah pada staf atau sekuriti tentang jam untuk masuk dan show dimulai.

untuk harga tiket sendiri, sekarang ada kebijakan baru:

  • teater Tim J:
- umum: Rp. 100.000
- pelajar/perempuan: Rp. 50.000
- balita: gratis (harus ada pendamping/wali dan harus dipangku)
  • teater Trainee:
- umum: Rp. 80.000
- pelajar/perempuan: Rp. 50.000
- balita: gratis (harus ada pendamping/wali dan harus dipangku)

tiket tersedia 2 warna yang menentukan kelompok tempat duduk. biru untuk sayap kiri dan hijau untuk sayap kanan. dan warna tiket dibagi berdasar kategori penonton: umum, pelajar/perempuan. misal, calon penonton kategori umum mendapat tiket biru, pelajar/perempuan tiket hijau. terkadang warnanya ditukar.

jika calon penonton memenangkan tiket kategori Far, jangan lupa untuk minta cap Far di tiket pada staff. karena calon penonton Far ini masuk lebih dahulu tanpa proses bingo, dan tempat duduk sudah disediakan. kira-kira sekitar row ke-3. jika cap Far tidak ada di tiket, calon penonton akan dianggap sama seperti calon penonton non-far, dan harus melalui proses bingo.

setelah membeli tiket, sekuriti akan men-cap tangan calon penonton. cap ini juga digunakan sebagai tanda masuk selain tiket. cap yang digunakan sekarang ini canggih. menggunakan tinta yang tidak dapat dilihat dengan mata biasa, harus dengan sorot lampu tertentu. ingatlah baik-baik di sebelah mana dicap. agar sewaktu scanning tidak terhambat. kalau calon penonton tidak yakin, bisa minta staf atau sekuriti untuk men-scan dahulu dan memastikan sudah tercap.



6. bingo!
bingo adalah istilah untuk antrean masuk ke dalam teater. kenapa disebut bingo, karena ini menggunakan sistem undian yang disaksikan semua calon penonton yang sudah mengantre.
antrean akan dikelompokkan berdasar warna tiket dan nomor bingo. nomor bingo akan diundi, jadi tidak penting calon penonton mendapat nomor bingo berapa.
jika bingo lebih dahulu, artinya dapat masuk teater lebih dahulu. karena calon penonton bebas memilih tempat duduk, asal sesuai warna tiket, masuk teater lebih dahulu akan mendapat keuntungan bisa duduk lebih depan. tapi boleh juga masuk lebih dahulu, dan duduk di belakang :))
jika penjualan tiket sangat banyak, hampir bisa dipastikan bingo belakangan sama dengan berdiri :D


7. masuk teater
saat masuk teater, tas calon penonton akan diperiksa sekuriti.
makanan dan minuman akan disita. jadi pastikan makanan sudah habis sebelum masuk teater.
setelah masuk, calon penonton dapat duduk bebas asal warna kursi sesuai warna tiket.
saat duduk, dilarang memesan tempat duduk untuk orang lain. dilarang juga mengubah tatanan kursi.
duduk lah yang sopan.


8. waiting list (WL)
jika calon penonton tidak mendapat email verifikasi memenangkan tiket, atau bahkan memang tidak mengirim email, calon penonton masih bisa berkesempatan mendapatkan tiket dengan cara membeli di teater, alias on the spot ticket. akan tetapi jumlahnya terbatas. ada pun aturan untuk WL sebagai berikut:
a. datang ke teater. 
jangan lupa membawa ID dan uang :D
b. mengantre di antrean WL.
karena WL ini tidak tentu daya tampungnya, kebanyakan calon penonton yang mengambil jalur WL datang lebih awal untuk mendapatkan antrean lebih awal. semakin awal antrean, kemungkinan mendapat tiket lebih besar. tetapi tidak perlu juga datang sebelum pintu mall dibuka :D datanglah lebih awal. bahkan ada yang datang dua sampai 3 jam sebelum penjualan tiket jalur email dibuka.
terkadang agak membingungkan antara antrean merchandise dan antrean WL yang terkadang menyatu. bertanyalah pada fans atau sekuriti yang berada di sekitar teater. jangan malu bertanya bro :D
WL perempuan akan mendapat prioritas. datang kapan pun akan diantrekan di paling depan. akan tetapi ada baiknya para WL perempuan menghargai WL laki-laki, dengan setidaknya datang tidak mepet waktu masuk. coba bayangkan, WL laki-laki datang 2 jam sebelumnya lalu WL perempuan datang hanya 5 menit sebelum show, tetapi WL perempuan bisa masuk sedangkan WL laki-laki tidak bisa masuk karena sudah penuh. meski tidak berdiri di antrean WL, setidaknya berada di sekitar teater tidak terlalu jauh.
c. membeli tiket
setelah calon penonton jalur email masuk teater, calon penonton jalur WL dapat mulai membeli tiket. pembelian sesuai urutan nomor WL. harga tiket jalur WL sama dengan jalur email.
d. masuk teater
setelah membeli tiket, calon penonton dapat langsung masuk teater. jangan heran jika kehabisan tempat duduk. karena WL masuk paling terakhir, tentu hampir tidak mungkin mendapat tempat duduk barisan depan :)) jika mendapat tempat duduk, biasanya sudah barisan paling belakang. jika tidak mendapat tempat duduk, disediakan area berdiri di barisan paling belakang dan samping kiri kanan. terkadang ada yang lebih memilih berdiri dari pada duduk di barisan paling belakang.


jalur WL memang membutuhkan usaha lebih dalam mendapatkan tiket. sudah antre lama pun belum tentu kebagian tiket. setelah masuk pun belum tentu dapat tempat duduk. tentunya hanya orang-orang penuh dedikasi, semangat, kesabaran tinggi yang mau mengambil jalur WL (lebay). pernah ofisial meniadakan jalur WL. sering-sering lah memantau twitter ofisial^^

kalau benar-benar baru dan tidak ada kenalan, sebaiknya jangan mengambil jalur WL. apply tiket lewat email saja.

9. menikmati pertunjukan
selama pertunjukan, mungkin (bisa dipastikan) penonton lain akan melakukan teriakan (disebut chant) dan mengayunkan lightstick.
hal ini tidak diwajibkan. jika penonton tidak ingin melakukannya, tidak harus melakukannya.
yang penting adalah menikmati pertunjukan dan tidak mengganggu penonton lain.

10. high touch
setelah pertunjukan usai, akan ada sesi high touch atau tos (handshake untuk show trainee).
penonton antre keluar teater sambil tos dengan semua member yang hadir saat itu (kecuali ada yang sakit).
karena idol adalah cewek-cewek, jangan tos terlalu keras. biasanya sesi ini dimanfaatkan untuk mengucapkan sesuatu kepada sang idola secara lebih dekat. tapi yaaa cuma kalimat singkat. kan cuma kira2 1 detik. itu pun kalau tidak bengong dan bisa ngomong :D

selamat menikmati pertunjukan jkt48 ^^

sekali lagi saya hanya berbagi pengalaman saja. saya bukan staf yang punya aturan.
kalau ada pertanyaan silakan komen di bawah tulisan ini ^^. kalau nggak malas, baca juga komen2 sebelumnya ^^
jangan tanya cara yang aneh2 ^^! saya berbagi cara yang lurus2 aja ^^. saya bukan manusia langit yg bisa punya cara2 aneh ^^
dan ini blog pribadi, bukan fanbase atau apa. jadi nggak ada admin. jangan cari admin di sini ya ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar